Capaian Pembelajaran Informatika Kelas X
CAPAIAN PEMBELAJARAN
INFORMATIKA
Tujuan Mata Pelajaran Informatika
Mata
pelajaran Informatika bertujuan
untuk mengantarkan peserta didik menjadi “computationally literate creators” yang menguasai konsep dan
praktik Informatika, yaitu:
1. Berpikir
komputasional, yaitu terampil menciptakan solusi-solusi untuk menyelesaikan
persoalan-persoalan secara sistematis, kritis, analitis, dan kreatif;
2. Memahami
ilmu pengetahuan yang mendasari Informatika, yaitu sistem komputer, jaringan
komputer dan internet, analisis data, algoritma dan pemrograman, serta
menyadari dampak Informatika terhadap kehidupan bermasyarakat;
3. Terampil berkarya dalam menghasilkan artefak
komputasional sederhana, dengan memanfaatkan teknologi dan menerapkan proses
rekayasa, serta mengintegrasikan pengetahuan bidang-bidang lain yang membentuk
solusi sistemik;
4. Terampil
dalam mengakses, mengelola, menginterpretasi, mengintegrasikan,
mengevaluasi informasi, serta menciptakan informasi baru dari himpunan data dan
informasi yang dikelolanya, dengan memanfaatkan TIK yang sesuai; dan
5. Menunjukkan karakter baik sebagai anggota
masyarakat digital, sehingga mampu berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi dan
menggunakan perangkat teknologi informasi disertai kepedulian terhadap
dampaknya dalam kehidupan bermasyarakat.
Karakteristik Mata Pelajaran Informatika
Mata pelajaran Informatika mengintegrasikan
kemampuan berpikir komputasional, keterampilan menerapkan pengetahuan
Informatika, serta pemanfaatan teknologi (khususnya TIK) secara tepat dan bijak
sebagai objek kajian dan alat bantu untuk menghasilkan solusi efisien dan
optimal dari persoalan yang dihadapi masyarakat dengan menerapkan rekayasa dan
prinsip keilmuan Informatika. Elemen mata pelajaran Informatika
saling terkait satu
sama lain membentuk keseluruhan mata
pelajaran Informatika sebagaimana
diilustrasikan pada gambar bangunan Informatika di bawah ini.
Keterangan:
TIK : Teknologi Informasi dan Komunikasi
SK : Sistem Komputer
JKI : Jaringan
Komputer dan Internet
AD : Analisis
Data
AP : Algoritma
dan Pemrograman
DSI : Dampak Sosial Informatika
Mata pelajaran Informatika terdiri atas delapan
elemen berikut ini.
Elemen |
Deskripsi |
Berpikir komputasional (BK) |
Mengasah keterampilan problem solving yang efektif, efisien, dan optimal sebagai
landasan untuk menghasilkan solusi dengan menerapkan penalaran kritis,
kreatif dan mandiri. |
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Menjadi perkakas dalam berkarya dan sekaligus
objek kajian yang memberikan inspirasi agar suatu hari peserta didik menjadi
pencipta karya-karya berteknologi yang berlandaskan Informatika. |
Sistem komputer (SK) |
Pengetahuan tentang bagaimana perangkat keras
dan perangkat lunak berfungsi dan saling mendukung dalam mewujudkan suatu layanan
bagi pengguna baik di luar maupun di dalam jaringan komputer /internet. |
Jaringan Komputer dan Internet (JKI) |
Memfasilitasi pengguna untuk menghubungkan
sistem komputer dengan jaringan lokal maupun internet. |
Analisis data (AD) |
Memberikan kemampuan untuk menginput,
memproses, memvisualisasi data dalam berbagai tampilan, menganalisis,
menginterpretasi, dan memprediksi, serta mengambil kesimpulan serta keputusan
berdasarkan penalaran. |
Algoritma dan Pemrograman (AP) |
Mengarahkan peserta didik menuliskan langkah
penyelesaian solusi secara runtut dan menerjemahkan solusi menjadi program
yang dapat dijalankan oleh mesin (komputer). |
Dampak Sosial Informatika (DSI) |
Menyadarkan peserta didik akan dampak
Informatika dalam: (a) kehidupan bermasyarakat dan dirinya, khususnya dengan
kehadiran dan pemanfaatan TIK, dan (b) bergabungnya manusia dalam jaringan
komputer dan internet untuk membentuk masyarakat digital. |
Praktik Lintas Bidang (PLB) |
Melatih peserta didik bergotong royong untuk
untuk menghasilkan artefak komputasional secara kreatif dan inovatif dengan
mengintegrasikan semua pengetahuan Informatika maupun pengetahuan dari mata
pelajaran lain, menerapkan proses rekayasa atau pengembangan (designing,
implementing, debugging, testing, refining), serta mendokumentasikan dan
mengomunikasikan hasil karyanya. |
Beban belajar setiap elemen pada mata pelajaran
Informatika tidak sama. BK, AD, AP, dan PLB memiliki beban belajar paling besar
yang memungkinkan peserta didik berpikir kritis dan kreatif. SK dan JKI diberikan
terbatas pada pengetahuan dasar dan penggunaannya. TIK dan DSI dapat diberikan
sambil melakukan kegiatan yang berkaitan dengan elemen lainnya, dimana perkakas
TIK saat ini semakin intuitif yang mudah dipelajari dan dimanfaatkan, sedangkan
DSI merupakan aspek dari setiap area pengetahuan Informatika untuk menumbuhkan
kepedulian pada masyarakat dan pembentukan karakter baik sebagai warga dunia
maupun warga digital.
Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Informatika
Setiap Fase E
Pada akhir fase E, peserta didik peserta didik
mampu memahami peran sistem operasi dan mekanisme internal yang terjadi pada
interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna,
menerapkan keamanan dalam
penyambungan perangkat ke jaringan lokal dan internet, mengumpulkan
dan mengintegrasikan data dari berbagai sumber baik secara manual atau otomatis
dengan perkakas yang sesuai,
memahami fitur lanjut,
otomasi, serta integrasi
aplikasi perkantoran, menerapkan strategi algoritmik standar untuk
mengembangkan program komputer yang terstruktur dalam bahasa pemrograman
prosedural tekstual sebagai solusi atas persoalan berbagai bidang yang
mengandung data diskrit bervolume tidak kecil, bergotong royong untuk
menyelesaikan suatu persoalan kompleks dengan mengembangkan (merancang,
mengimplementasi, memperbaiki, menguji) artefak komputasional yang bersentuhan
dengan bidang lain sesuai kaidah proses rekayasa, serta mengomunikasikan
rancangan produk, produk, dan prosesnya secara lisan dan tertulis, memahami
sejarah perkembangan komputer dan tokoh-tokohnya, memahami
hak kekayaan intelektual,
lisensi, aspek teknis, hukum, ekonomi, lingkungan, dan sosial dari produk TIK,
mengenal berbagai bidang studi dan profesi terkait Informatika serta peran
Informatika pada bidang lain.
Fase E Berdasarkan Elemen
Elemen |
Capaian
Pembelajaran |
BK |
Pada akhir fase E, peserta didik mampu
menerapkan strategi algoritmik standar untuk menghasilkan beberapa solusi
persoalan dengan data diskrit bervolume tidak kecil pada kehidupan
sehari-hari maupun implementasinya dalam program komputer. |
TIK |
Pada akhir fase E, peserta didik mampu
memanfaatkan berbagai aplikasi secara bersamaan dan optimal untuk
berkomunikasi, mencari sumber data yang akan diolah menjadi informasi, baik
di dunia nyata maupun di internet, serta mahir menggunakan fitur lanjut
aplikasi perkantoran (pengolah kata, angka, dan presentasi) beserta
otomasinya untuk mengintegrasikan dan menyajikan konten aplikasi dalam
berbagai representasi yang memudahkan analisis dan interpretasi konten
tersebut. |
SK |
Pada akhir fase E, peserta didik mampu
memahami peran sistem operasi dan mekanisme internal yang terjadi pada
interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna. |
JKI |
Pada akhir fase E, peserta didik mampu
menerapkan konektivitas jaringan lokal, komunikasi data via ponsel,
konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi,
internet), enkripsi untuk memproteksi data pada saat melakukan penyambungan
perangkat ke jaringan lokal maupun internet yang tersedia. |
AD |
Pada akhir fase E, peserta didik mampu
memahami aspek privasi dan keamanan data, mengumpulkan data secara otomatis
dari berbagai sumber data, memodelkan data berbagai bidang, menerapkan siklus
pengolahan data (pengumpulan, pengolahan, visualisasi, analisis,
interpretasi, dan publikasi) dengan menggunakan perkakas TIK yang sesuai,
serta menerapkan strategi pengelolaan data yang tepat guna dengan
mempertimbangkan volume dan kompleksitasnya. |
AP |
Pada akhir fase E, peserta didik mampu
menerapkan praktik baik konsep pemrograman prosedural dalam salah satu bahasa
pemrograman prosedural dan mampu mengembangkan program yang terstruktur dalam
notasi algoritma atau notasi lain, berdasarkan strategi algoritmik yang
tepat. |
DSI |
Pada akhir fase E, peserta didik mampu
memahami sejarah perkembangan komputer dan tokoh-tokohnya, memahami hak
kekayaan intelektual, lisensi, aspek teknis, hukum, ekonomi, lingkungan, dan
sosial dari produk TIK, memahami berbagai bidang studi dan profesi bidang
Informatika serta peran Informatika pada bidang lain. |
PLB |
Pada akhir fase E, peserta didik mampu
bergotong royong dalam tim inklusif untuk mengerjakan projek bertema
Informatika dengan mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi,
menguji, dan menyempurnakan program komputer didasari strategi algoritma yang
sesuai sebagai solusi persoalan masyarakat serta mengomunikasikan produk,
proses pengembangan dan manfaatnya bagi masyarakat secara lisan maupun
tertulis. |
Comments
Post a Comment